Rabu, 17 April 2013

Tidak bisa upload file besar di localhost (Warning: POST Content-Length of 4175652 bytes exceeds the limit of 2097152 bytes in Unknown on line 0)


Pada pembuatan website multimedia hal yang paling penting adalah upload file seperti video dan musik.  Sedangkan jika kita membangun website kita pasti akan menggunakan server local seperti xampp dan appserv. Nah sedangkan untuk tulisan ini saya akan menggunakan xampp sebagai server lokal.
Penulisan ini akan membahas bagaimana cara meningkatkan kapasitas file upload yang ada di server lokal. Secara default server lokal xampp akan memberikan kapasitas maksimum untuk file upload yaitu 2M. Sedangkan jika kita ingin melakukan upload file yang lebih besar maka akan muncul pesan error  Warning: POST Content-Length of 4175652 bytes exceeds the limit of 2097152 bytes in Unknown on line 0. Perhatikan gambar di bawah ini:


sebagai langkah penyelesaiannya kita perlu merubah kapasitas file upload yang tadinya 2M menjadi 128M. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  • Buka php.ini

File php.ini terletak di dalam folder xampp/php/php.ini. buka file php.ini menggunakan notepade atau editor yang anda miliki. seperti pada gambar di bawah ini:
  • Ubah upload_max_filesize

Ubah sintaks upload_max_filesize yang tadinya terisi 2M menjadi upload_max_filesize = 128. Ini berfungsi untuk upload file hingga mencapai 128M. Perhatikan contoh di bawah ini:
Menjadi seperti ini:
  • Ubah post_max_size

Selain itu kita juga harus merubah post_max_size yang tadinya 2M menjadi 128M juga seperti langkah sebelumnya.

Menjadi seperti ini:

1 komentar: