Selasa, 02 April 2013

PENGENALAN CODEIGNITER


Code igniter adalah sebuah framework yang digunakan dalam pembuatan website. Sebelumnya apa itu framework?? Framework adalah sebuah tools yang digunakan untuk membangun sebuah website, sehingga dalam pembuatan website akan menjadi lebih mudah, cepat dan terstruktur. Dalam framework Code Igniter menggunakan konsep MVC. Wahh.. apa lagi itu MVC? Model View Controller atau sering disebut MVC merupakan struktur yang ada dalam Codeigniter, model digunakan untuk seluruh hal yang berhubungan dengan database dengan kata lain seluruh sintak SQL akan diletakan pada Model. View merupakan tampilan yang ada di dalam browser, sehingga apa yang akan dilihat oleh user itu merupakan fungsi dari view. Sedangkan untuk Controller merupakan jembatan penghubung antara Model dan View, ketika ada permintaan dari View(user) maka kontroler akan menghubungkannya dengan Model untuk mendapatkan informasi dari database, dengan kata lain seluruh aktivitas akan dikontrol oleh Controller ini.
MVC?? Sudah jelas kan mengenai MVC?? Lalu kenapa sih kita harus menggunakan MVC?? Alasan yang paling mendasar adalah mempermudah dalam pengembangan website untuk masa depan. Kenapa bisa demikian?? MVC memisahkan hal-hal yang telah dijelaskan sebelumnya. Sehingga dengan pembagian-pembagian tersebut para progremer yang memiliki gaya, logika, ataupun pola dalam membuat website yang berbeda dapat disatukan dengan model MVC ini. Selain itu dengan adanya framework ini dapat membuat website dengan cepat. Sebagai contoh jika kita membuat website dengan menggunakan PHP MURNI akan memakan waktu satu bulan, namun dengan menggunakan framework CodeIgniter ini kita dapat membuat website hanya dalam waktu 2 minggu saja, bahkan jika sudah memahami konsepnya kita dapat membangun website hanya dalam satu minggu saja.
Demikianlah seklumit penjelasan mengenai apa itu framework, apa itu MVC dan apa itu CodeIgniter. Semoga bermanfaat buat pembaca. Salammmm.... Coding...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar