ARSITEKTUR KOMPUTER, PERALATAN INPUT, PERALATAN OUTPUT, PEMROSESAN PUSAT DAN PENYIMPANAN SEKUNDER
Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Di dalam arsitektur computer terdapat beberapa komponen, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Peralatan input
Alat Input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer.
Input data yang dimasukkan ke dalam memori komputer, akan diproses oleh CPU. Output dihasilkan dengan tampilan pada layar monitor atau cetakan hasil pada printer, atau dihasilkannya input untuk sistem yang lain. Peralatan input memungkinkan pemakai untuk memasukkan informasi (data) ke dalam komputer untuk tujuan ana lisis maupun penyimpanan, sebagaimana memberikan perintah (command) kepada komputer.
Contoh dari alat input antara lain:
Keyboard
Keyboard merupakan peralatan input yang paling banyak digunakan untuk memasukkan informasi ke dalam komputer. Dengan menekan sebuah tombol, keyboard akan men-generate kode yang merepresentasikan karakter yang berhubungan dengan tombol tersebut
Mouse
Sebuah alat input yang digunakan untuk menunjukan cursor(Pointer)
Scanner
Alat input yang berfungsi untuk men duplikat/ mengcopy teks/gambar dari kertas/foto dsb
Joystick
Joystick digunakan untuk keperluan game/permainan selama bertahun-tahun. Saat ini ukurannya semakin kecil, semacam pensil yang terletak diantara tombol keyboard. Pointing device seperti joystick ini biasa didapatkan pada komputer portable, karena komputer jenis ini seringkali digunakan pada tempat seperti pesawat terbang dimana tidak ada permukaan yang cukup untuk meletakkan suatu pointing device lain seperti mouse.
Camera digital
Input Gambar/image
Microphone
Input Suara
Digitizer
Digunakan dalam pemetaan
Touch Screen
Touch Screen atau layar sentuh memungkinkan anda untuk menyentuhkan jari tangan pada pilihan tombol, grafik atau label. Tempat yang disentuh merupakan lokasi dimana suatu pilihan atau perintah akan dieksekusi . Touch screen digunakan secara luas pada kios informasi yang banyak ditemukan di lapangan parkir, airport, dan departement store. Touch screen memungkinkan user untuk berinteraksi dengan peralatan yang sangat kecil seperti misal jam casio dengan fasilitas layar sentuh.
Touch pad
Track ball
Trackball adalah peralatan semacam mouse, kecuali pada trackball bola berputar yang terletak pada landasan seperti halnya mouse, pada trackball ini diletakkan pada bagian atas sehingga bisa digeser secara langsung dengan jari. Beberapa model dari trackball didesain untuk diletakkan pada keyboard dari komputer notebook.
Light Pen
Handy cam
2. Pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder
Alat Pemproses adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer setelah mengalami proses Input.Contoh dari alat pemproses adalah Processor.
Penyimpanan sekunder ( secondary storage) adalah sarana penyimpanan yang berada satu tingkat di bawah memori utama sebuah komputer dalam hirarki memori. Tidak seperti memori utama komputer, penyimpanan sekunder tidak memiliki hubungan langsung dengan prosesor melalui bus, sehingga harus melewati M/K.
Sarana penyimpanan sekunder memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut:
1. Non volatile(tahan lama). Walaupun komputer dimatikan, data-data yang disimpan di sarana penyimpanan sekunder tidak hilang. Data disimpan dalam piringan-piringan magnetik.
2. Tidak berhubungan langsung dengan bus CPU. Dalam struktur organisasi komputer modern, sarana penyimpanan sekunder terhubung dengan northbridge. Northbridge yang menghubungkan sarana penyimpanan sekunder pada M/K dengan bus CPU.
3. Lambat. Data yang berada di sarana penyimpanan sekunder memiliki waktu yang lebih lama untuk diakses ( read/write) dibandingkan dengan mengakses di memori utama. Selain disebabkan oleh bandwidth bus yang lebih rendah, hal ini juga dikarenakan adanya mekanisme perputaran head dan piringan magnetik yang memakan waktu.
4. Harganya murah. Perbandingan harga yang dibayar oleh pengguna per byte data jauh lebih murah dibandingkan dengan harga memori utama.
Sarana penyimpanan sekunder memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
1. Menyimpan berkas secara permanen. Data atau berkas diletakkan secara fisik pada piringan magnet dari disk, yang tidak hilang walaupun komputer dimatikan ( non volatile)
2. Menyimpan program yang belum dieksekusi prosesor. Jika sebuah program ingin dieksekusi oleh prosesor, program tersebut dibaca dari disk, lalu diletakkan di memori utama komputer untuk selanjutnya dieksekusi oleh prosesor menjadi proses.
3. Memori virtual. Adalah mekanisme sistem operasi untuk menjadikan beberapa ruang kosong dari disk menjadi alamat-alamat memori virtual, sehingga prosesor bisa menggunakan memorivirtual ini seolah-olah sebagai memori utama. Akan tetapi, karena letaknya di penyimpanan sekunder, akses prosesor ke memori virtual menjadi jauh lebih lambat dan menghambat kinerja komputer.
Contoh penyimpanan Sekunder
Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
Hard Disk : Removable dan Non removable
Floppy Disk
Piringan Optik : CD, DVD
USB Flash Disk
Smart Card
Kartu memori
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
3. Peralatan output
Alat Output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi.
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Softcopy, terdiri dari dua jenis :
* Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
* Audio
2. Hardcopy, terdiri dari :
* Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
* Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar
* Computer Output Microfilm (COM)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar